Home » » 120817321314-tugas 2 (fifi-fatin)

120817321314-tugas 2 (fifi-fatin)

1. Vektor : gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva.
2. Bitmap : sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media tampilan lainnya.


3.








4. Bitmap vector Gambar bitmap sangat bergantung pada resolusi Gambar vektor tidak tergantung pada resolusi gambar diperbesar maka gambar akan tampak kurang halus sehingga mengurangi detailnya Kita dapat memperbesar atau memperkecil ukuran gambar tanpa kehilangan detail gambarnya bitmap akan mempunyai ukuran file yang lebih besar, Semakin besar resolusi gambar akan semakin besar pula ukuran filenya. Disamping itu gambar vektor akan mempunyai ukuran file yang lebih kecil dan dapat diperbesar atau diperkecil bentuknya tanpa merubah ukuran filenya

5. Aplikasi vector : (freeware) a. Inkscape b. Karbon c. Drawplus Aplikasi vector : (shareware) a. Adobe Illustrator b. Xara Xtreme c. Coreldraw Aplikasi bitmap : (freeware) a. GIMP b. Paint.net c. Paint Star Aplikasi bitmap : (shareware) a. Macromedia Fireworks b. Adobe Photoshop c. Corel Photopaint

6. Kelebihan GIMP :
a. Bisa digunakan di PC yang SO-nya Windows, Linux, dan Mac OS.
b. Gratis.
c. Aplikasinya ringan dan bisa digunakan di komputer yang menggunakan spesifikasi
d. rendah / minimum sekalipun.
e. Penyeleksian gambar / photo lebih mudah.
f. Mengimport / mengeksport gambar / foto ke ekstensi SVG.
g. Bisa membuat gambar animasi.
h. Mampu gambar atau foto menampilkan dari berbagai macam format file.
i. Mengedit layer teks lebih mudah.
j. Mendukung berbagai macam format file.
k. Bisa ditambahakan pulg-in layaknya Adobe Photoshop tetapi plug-in-nya gratis.
l. Jika Anda kurang cocok dengan tampilan awalnya, maka Anda bisa menggantinya.
m. Bersifat Open Source.

Keunggulan Adobe Photoshop :
a. Pengoperasiannya yang mudah bin gampang.
b. Efek serta filter-nya banyak sehingga sangat menarik.
c. Umum digunakan oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia desain grafis dan dunia photo.
d. Mendukung berbagai macam format file layaknya GIMP.
e. Pengeditan layer begitu mudah.
f. Tool-nya ada banyak.
g. Mendukung hingga 64-bit perchannel.
h. Bisa mengimport atau mengekspor ke berbagai format file seperti JPG, PNG, dan lain sebagainya.

Kelebihan Inkscape :
a. instalasi font yg mudah.
b. komponen warna yg lebih kaya, sebenarnya inkscape punya komponen warna yg lebih kaya. kita bisa menset sendiri susunan warna yg kita pilih dengan panel warnanya maupun dengan kombinasi hexa desimal untuk masing2 warna.
c. gradasi yg cermat kelebihan inkscape yg lain dan sangat mencolok adalah pada tools gradien yg dapat kita custom sesuai dengan garis bisa menambah warna sesuai dengan yg kita mau sebanyak2nya.
d. oppacity dan blur kita bisa mengatur tingkat opasitas dan blur sesuai dengan intensitasnya. berupa rentang antara 0-100. ini menyebabkan warna2 di inkscape semakin berfariasi.
e. bisa melakukan apa yg corel bisa menurut saya inkscape sudah bisa melakukan apa saya yg corel bisa, baik tracing, shadow, dan fasilitas2 corel lain. kecuali multipage. karena di inkscape belum bisa multipage.
f. Gratis ternyata untuk ukuran software yg powerfull ini bisa kita dapatkan cuma2. bisa kita kembangkan maupun kita sebarluaskan.
g. mungkin itu sekilas dari apa yg saya fikir merupakan kelebihan inkscape daripada corel draw. kalo anda merasa kesulitan, bukan karna inkscape yg susah dipelajari. namun, anda kurang terbiasa saja menggunakannya. dukung terus perkembangan software open source. stop pembajakan software.

Kelebihan CorelDraw
a. Interface dan penggunaan tool sangat mudah, Sangat terasa ketika kita menggunakan bezier tool, dibandingkan dengan menggunakan pen tool pada photoshop atau adobe illustrator. Ketika hasil objek diolah menggunakan shape tool maka tanpa harus ada tool satu persatu untuk pengubahan mode garis smooth, simetris dan cusp.
b. Proses pembuatan dan pengeditan objek cepat tidak ada layer visible atau tanpa dipengaruhi layer. Karena layer pada CorelDraw dibuat tak terlihat atau bersifat idle. Dengan adanya hal ini maka proses pemilihan objek juga cepat. Dan juga dengan satu atau dua tool saja, kita bisa membuat dan mengedit objek. c. Ada blending color atau pencampuran warna secara live Maksud blending adalah mencampur antara warna satu dengan warna lainnya. Contohnya mencampur warna merah dengan warna hijau maka akan secara otomatis warna hasil adalah warna pencampuran dengan scala tertentu.
d. Hasil trace, pengubahan bitmap ke vektor cukup baik pengubahan dari bitmap ke vektor sangat banyak digunakan, ini dikarenakan sifat vektor yang tidak pecah saat ada proses transformasi. Tracing bitmap tersedia dalam berbagai mode pilihan sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
e. Untuk proses cetak hasil memuaskan maksudnya perbedaan antara tampilan pada layar monitor dan hasil cetak tidak terlalu banyak. Sehingga bisa dibilang hasil cetak sesuai dengan apa yang ditampilkan pada layar monitor. Juga bisa digunakan untuk separasi sablon. Tentu saja agar dapat menjadi optimal kita harus mengkalkulasi ulang dan menyesuaikan beberapa has seperti layar monitor, tinta printer, kertas printer dan jenis printer itu sendiri.

Kelebihan Adobe Photoshop:
a. Membuat tulisan dengan effect tertentu. Photoshop dapat mengubah bentuk tulisan menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan tool effect yang ada didalamnya
b. Membuat tekstur dan material yang beragam. Dengan langkah-langkah tertentu, seorang Desainer dapat membuat gambar misalnya daun, logam, air, dan bermacam gambar lainny
c. Mengedit foto dan gambar yang sudah ada. Dengan Photoshop kita dapat merubah gambar kita jelek menjadi bagus ataupun sebaliknya. Selain itu juga Photoshop dapat merubah foto seseorang menjadi sebuah gambar kartun. Atau dalam Design Grafis disebut vector and vexel.
d. Memproses materi Web. Photoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar ukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery. Dengan Adobe Image Ready, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi rollover dan animasi GIF. Kelebihan Paint.net a. There are many plugins to download from Forum website. b. It Supports layers. c. It opens and works faster than other image editors.

KELEBIHAN Corel Photopaint: Corel photo paint sendiri memiliki keunggulan dari pengeditan suatu backround, backround ini bisa di pariasikan seperti apa yang kita inginkan, dan dari effectnya juga bermacam-macam, diantaranya texture, bagiannya seperti: brick wall,bubbles, canvas, cobblestone, elephan skin, etching, plastic, plaster wall, dan masih banyak lagi yang lainnya sehingga seseorang bisa mengedit photonya dengan beribu-ribu variasi, supaya orang yang menggunakan dan yang melihat suatu hasil dari corel photo paint merasa puas

Kelebihan KARBON : Karbon is a free vector drawing application by the Koffice development team and offers creative solutions for the lovers of vector logos, illustration art, artistic clip art or photorealistic vexel images. Karbon is a cross-platform application and works with Mac, Windows and Linux. Karbon comes with a user-friendly interface that lets you chose where to put your toolbars and supports graphic formats SVG, PNG, PDF, ODG and WMF. Functions include pattern and gradient tools, snapping features, various drawing tools, standard shapes as stars and circles, calligraphy drawing tool, snapping features and complex path operations.

Kelebihan PAINT STAR : Digital image processing software suitable for such tasks as image morphing, composing and authoring digital artworks, retouching of images. Paint Star supports the common editing techniques and offers many tools and filters: gradient fill, transformation tools, pencil, paintbrush, blur and sharpening effects, filter brushes, smudge, cloning, airbrush and eraser.

Kelebihan DrawPlus: DrawPlus is a cool graphic software pack by Serif's creative design program developers that enables you to create vector images, eye-catching layouts and high impact animations. Features include vector drawing tools, color selection and schemes, studio resources, editable envelopes, blends and transparency functions, backdrop and watermark wizard functions. If you are a design enthusiast or vector art lover, DrawPlus is an excellent creative weapon of choice. Kelebihan Adobe Illustrator a. Fiturnya cukup lengkap. b. Ampuh untuk pembuatan illustrasi, logo, dan vector image lainnya. c. Kemampuan yang mumpuni untuk load file besar, diatas 50mb. d. Warna-warna yang disediakan sangat baik dan halus, tidak jauh beda dengan hasil print nantinya. e. Terintegrasi dengan software adobe yang lain, seperti adobe photoshop, dll.

Kelebihan XARA XTREME: No matter what’s your level of experience, Xara Xtreme is a fast yet powerful graphics tool, illustration and vector-based drawing program for Windows. This top-notch program is suitable for your illustration projects, compositing, web graphics, technical drawings, cartooning and animation. Xara Xtreme supports CMYK colors for print, zero-memory bitmap editing and 32-bit alpha-channel bitmaps. You can draw with the pen tool, quick shapes function, shape editor or pressure-sensitive natural media brushes or create navigation bars, rollovers or image maps and export your images as optimized web graphics. With the new photo tool, you can also enhance bitmap based images and photos, crop or rotate them without leaving the program. You can add shadows, transparency, bevels and feathering effects to bitmap or vector-based objects. With the Xara Xtreme live tools, your can apply effects interactively and check the results in real time, so you can see exactly what results you're going to get. The new rendering engine in Xara Xtreme performs as its name says extremely fast. Professional designers and illustrators who require high-end features such as multi-processor support, advanced output and color separations can purchase the Xara Xtreme Pro Version. If you're just getting started with illustration software, Xara offers video demos and tutorials to help you design and create your own images.

7. Sebenarnya saya belum pernah memakai satupun aplikasi yang tertera di atas tetapi saya sangat ingin mencoba semuanya terutama GIMP, INKSCAPE, PAINT STAR dan XARA XTREME. Saya akan mencobanya apabila saya mempunyai banyak waktu. Terimakasih. 감사합니다 
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Expose - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack powered by Blogger